Wednesday, October 10, 2012

Zircon atau Yakut

Nama zircon dari bahasa Persia “zargun” artinya warna keemasan batu ini punya nilai keras 7.5 dalam daftar keras Mohs dan menempati urutan ke 5 setelah batu intan, corundum, chrysoberyl dan topaz. Warna kuning, coklat, merah, hijau, biru dan adapun yang tak berwarna adalah cirri khasnya. Sebagian dari batu zircon tidak tembus cahaya ( zircon biasa ) dan biasanya tidak digunakan dalam perhiasan. Batu ini adalah mineral yang bisa ditemukan dimana saja di bumi ini dan merupakan barang yang umum.
Batu zircon yang berwarna biru pucat dinamakan starlites dan yang berwarna merah kecoklatan dan oranye disebut hyacinth. Kini kebanyakan batu zircon dijual sebagai perhiasan berwarna biru.
Zircon berbeda dengan cubic zirconia. Zircon memiliki kecermelangan (brilliance) sangat tinggi dan kilauan (luster) seperti berlian. Cubic zirconia buatan manusia dengan unsur kimiawi berbeda. Bila keduanya diasah dan di gabung dengan baik dan tanpa warna akan mirip dengan batu berlian. Awal tahun1970 zircon tanpa warna digunakan sebagai pengganti batu berlian sehingga banyak orang beranggapan zircon adalah batu palsu. Kini Cubic zirconia adalah tiruan batu berlian yang paling populer menggantikan zircon tanpa warna.
Penghasil zircon terbesar adalah Thailand, Srilanka dan Kamboja. Namun zircon juga ditemukan di Myanmar, Vietnam, Tanzania, Perancis dan Australia. Bangkok merupakan pusat pengasahan dan pemasaran zircon terbesar di dunia.
Manfaat Batu Zircon di percayai membuat hati tetap tenang, menyembuhkan insomnia, mencegah iri hati, mengusir ilmu hitam dan memberi rasa kepuasan hati.
Dalam sisi astrology, zodiac dan hadiah pernikahan untuk orang yang lahir di bulan Desember dan batu ini dihubungkan dengan zodiac Sagittarius.

No comments:

Post a Comment